Derita Pengguna Handphone Motorola di Bandung

Pagi ini saya terbangung dengan perasaan tidak tenang. Kemarin saya tertidur jadi banyak hal yang mestinya saya selesaikan kemarin belum sempat dilakukan. Namun rasanya ada satu hal yang sangat mengganggu saya dari kemarin.

Jadi sejak dua hari yang lalu HP Motorola Milestone saya layarnya tidak dapat berfungsi seperti biasa. Awalnya bermula dengan layarnya meredup, kedip-kedip semakin redup, sampai akhirnya sekarang benar-benar mati. Penyebabnya rasanya karena proses pematian handphone secara paksa kemarin, yang sebelumnya si handphone juga sempat terkena air sedikit (saya membawa handphone ini ke kamar mandi – mungkin terkena air shower secara tidak sengaja, namun juga tidak sampai basah kuyub) Berikut foto si objek:

Terkait musibah LCD yang saya alami, saya kemarin sudah melakukan beberapa usaha.
Usaha yang pertama, saya mencari kontak-kontak dealer resmi Motorola dari kartu garansi yang ada. Dari keempat kontak yang ada di daerah Bandung, dua di antaranya nomornya sudah tidak akrif. Satu nomor tidak diangkat (saya mencoba menelpon sekitar 5 kali). Satu lagi menjawab telepon saya. Namun ketika saya menanyakan terkait service handphone Motorola saya, pihak terkait menjawab bahwa saat ini mereka sudah tidak melayani  hal-hal terkait handphone Motorola (untuk Motorola, mereka hanya melayanai terkait telepon rumah).

Saya belum putus asa, dan mencoba usaha selanjutnya – usaha kedua. Saya pergi ke BEC untuk mencari tempat yang dapat memperbaiki Motorola Milestone saya. Awalnya saya mencari satu toko yang alamatnya terdapat pada kartu garansi handphone terkait. Setelah saya lihat, ternyata toko tersebut telah berubah menjadi toko merchant lain (yang pasti bukan toko Motorola ataupun toko tempat service handphone). Baiklah, kemudian saya berkeliling lantau LU BEC dan bertanya-tanya apakah ada yang dapat memperbaiki handphone saya. Saya ke dua toko. Dari kedua toko tersebut saya mengetahui mendapat beberapa informasi, antara lain:

1. Motorola Indonesia sudah bangkrut dan saat ini penjualan handphone Motorola melalui distributor.

Saya kurang tahu mengenai kebenaran hal ini. Yang  saya ketahui adalah Motorola memang tidak populer di Bandung (sangat sulit menemukan toko yang menjual handphone Motorola di Bandung – saya bahkan belum pernah menemukan) dan bahwa Motorola telah diakusisi Google. Tentang Motorola Indonesia sendiri telah bangkrut, saya tidak tahu menahu tentang ini. Namun sewaktu saya coba meng-googling terkait motorola, saya masih menemukan daftar alamat outlet resmi Motorol di Indonesia (semua di Jakarta). Dapat dilihat di sini

2. Ada 2 kemungkinan terkait kerusakan Handphone saya: LCD atau Kabel flexi

Baik LCD atau kabel flexi, keduanya sama-sama tidak tersedia di BEC, dalam konteks untuk handphone saya tentunya.

 

Dari sini saya merasakan kesulitan yang cukup signifikan bagi seorang consumer merk yang bukan merupakan merk mainstream di pasaran (Bandung). Apa yang saya lakukan sekarang? Saya meminta tolong teman saya, pemilik HP ini sebelumnya (ya, saya membeli handphone ini dari teman saya beberapa bulan yang lalu – untuk keperluan pengembangan aplikasi) untuk membawanya ke Jakarta – ke tempat ia membeli handphone ini untk diperbaiki. Semoga saja tempatnya masih ada dan masih melayani terkait handphone Motorola ini.

 

 

 

 

17 responses to this post.

  1. Halo pewe..
    ciee yang sekarang rajin nge-blog.
    hpnya minta dikubur sama penjual sebelumnya aja :P

    Reply

  2. Posted by uya on December 29, 2011 at 1:17 pm

    nah lho trus gmna? tadi saya juga abis muter2 nyari hp motorola di bec tapi berasa di ketawain gtu, emang apa salahnya, toh dijakarta juga biasa2 aja. nanya kesanakemari ga ada. pas ke butikdukmsel eh ada motorola tapi ga ada yang saya pngenin. huuu pdhal pngen bnget hp itu. kyanya musti harus ke jkrta ya

    Reply

    • Posted by rama on January 29, 2013 at 8:46 am

      sory gan gw juga lagi cari motorola type Motorola ATRIX HD MB886 mungkin ada yang tau jual di jkt ? sumpah susahnya setengah ampun udah dateng ke itc cempaka mas dan lari ke itc pusatnya yang di roxy semua bilang maaf barang yang ada cari tidak ada karna outlet2 penjualan motorola pecah, jadi hanya tertentu saja eemmm mau gak mau ourder dari at&t nya kan engga mungkin banget ckckckc, ane sih pegang hp pertama motorola L7i karna di jkt banyak yang L7 ane order sama teman yang jln2 ke batam, jadi mau gak mau kita kalo mau motorola lengkap yah di Batam pusatnya dagangan bebas

      Reply

  3. Posted by umpan on January 17, 2012 at 10:33 pm

    Wah pdahal saya mulai tertarik dgn Motorola Droid RAZR. Tapi kalo gini, hrs mikir2 lg brarti.
    Yg di BEC lantai 3 blok H no.2 sudah dicoba?

    Sekarang, kondisi hp stelah diservis di Jakarta gmn, kembali lancar?

    Reply

    • Posted by lian on December 27, 2012 at 5:20 am

      saya sudah beli Droid RAZR di BEC , and selama pemakaian hampir 6 bulan ini .. Bagus2 aja .. puas .. share aja ni ..

      Reply

  4. @umpan:hpnya masih tergeletak di atas meja belajar saya sekarang.. Tadi saya pergi ke BEC lantai 3 blok H no. 2 dan ga menemukan toko terkait (itu lantai paling atas, kebanyakan adanya tempat makan dll)

    Reply

  5. bangkrut? wah mungkin karena kurang peminat.

    motorola jadi kebanting di indonesia karena pasar deh.

    padahal motorola itu “GA BIASA”, ane sedikit ngamatin beberapa vendor handphone, dalam rentang harga yang sama vendor MOTOROLA bisa ngasih lebih! dan yang ane suka dari dulu motorola itu transparan dalam hal moding : seperti flashing, kalo vendor lain baru2 ini aja pas nongol android. motorola punya keunggulan sendiri dari desain, fitur multimedia, GUI, OS (jaman dulu aja motorola ada tuh OS LINUX, demen banget ane bisa main game PSP di ROKR E2 kerena os-nya javalinux). // quote for << pendapat pribadi

    pokoknya moto for motorola is "different", "uniqe" and "specially". ini alesan ane menjadi pencinta motorola dari dulu dan ga pernah betah kalo pake hape selain motorola gan. hehhe motorola punya nilai lebih dimasing2 pecintanya gan.

    ane juga ga jarang kejar2an begitu gan.. emang nyebelin dan ga jarang kadang hal ini diketawain sama orang yang "tidak menghargai" tapi sedikitnya saya hanya merasa seru saat berburu : handphone, susahnya nyari tukang service lokal yang sanggup benerin handphone saat ane stak ngebenerin sendiri, kalo ga nemu baru deh lari ke jakarta titipin ke temen. dan rasanya kalo berhasil dapetin senang banget, punya barang yang aneh dan ga pasaran hoalah beda lah pokonya gan :D

    nah sekarang masalah ane sama seperti agan, lagi nyari orang yang sanggup benerin handphone exclusive android qwerty keyboard (charm) // yap hape ane brick, stuk di botloader, setidaknya sekarang2 ini lagi nyari di sekitaran bandung tukang service expert yang make JTAG, kalo ga ada baru bawa ke service center jakarta deh.

    salam moto yo gan

    Reply

    • Posted by lian on December 27, 2012 at 5:24 am

      haha iya, sering di ketawain ma temen, kok beli moto sih ? apa bagus nya ..
      langsung saya jawab aja, udah cinta aja sama produk motorola ..
      gak pasaran lah ,.. hehe

      Reply

  6. apakah sudah ada kabar baik?
    masih penasaran, di mana bisa servis motorola milestone di bandung….

    Reply

  7. Posted by tris on June 5, 2012 at 7:12 am

    Sependeritaan dengan saya. Baru dua hari lalu saya beli motorola fire xt530, gress/baru, eh sekarang np nya no signal. Cari servis centernya ke BEC, udah tutup. Kata tokonya mesti ke Jakarta, waduh apessssssssssssssss…………. Nyesel ane beli motorola

    Reply

    • iya.. saya juga heran dengan Motorola di Indonesia. Katanya sudah bangkrut. Tapi kemarin waktu saya ke ITC Kuningan, masih ada aja billboard yang ngiklain hp motorolla

      Reply

  8. Posted by neal on September 6, 2012 at 9:05 am

    sekarang aku beli HP motorola defy + dan kondisinya batreynya cepet panas kalo beli di bandung dimana ya ?

    Reply

  9. Posted by Ronny on October 28, 2012 at 5:48 am

    Senasib sepenanggungan sm ane,
    motorolaQ ane brkhir d tong sampah stelah kesana-kemari nyari2 software nya dgn hasil nihil.

    Reply

  10. Posted by Nana on November 14, 2012 at 7:31 am

    sy pernah baca kasus spt mba. kayaknya tipe hpnya dan kerusakannya sama deh dan dia servis ke sini:
    Nama nya : KIT Care Center
    Alamat : ITC Roxy Mas Lt. 1 No. 7
    No Telp : (021) 6329572
    ganti LCD, kena biaya Rp. 325 ribu. Bisa dicoba, good luck!!

    Reply

  11. Posted by Manaf on February 22, 2013 at 11:01 am

    ada di bandung alamat service center nya
    hyper square
    jl. Pajajaran bandung
    aku baca di buku kartu garansi hpku

    Reply

  12. Posted by Fabio on March 30, 2013 at 10:57 am

    Sekedar sharing saja. Saya punya motorola Razr Maxx v6 beli kira2 tahun 2008, dulu sempet kehujanan sampe basah kuyup dan rusaknya semua keypad tidak berfungsi kecuali tombol power on/off. Sudah saya bawa ke service center resmi di daerah bekasi di Metropolitan Mall, dan katanya harus diganti mainboardnya yang seharga setengah harga baru. Karena saya sudah pakai kira2 2 tahun, akhirnya saya berniat ganti HP baru dan ga jadi ganti mainboardnya. Suata saat saya akan berpergian menggunakan pesawat, karena saya orang yg suka punya ide-ide nyeleneh, saya nekat mau bawa si Razr dan menempatkannya di koper yang saya buka sedikit dan ditaruh di bagasi pesawat. Karena saya pikir ketika flight kondisi di bagasi pesawat adalah kering dengan suhu ekstrim beku, mungkin saja si Razr bisa normal lagi karena dulu rusaknya karena kehujanan dan basah dan bisa aja kering sampai ke dalem2nya. Ternyata setelah dicoba tombol keypad menjadi normal permanent 100%, hanya saja ada lampu indikator warna biru tanda telepon masuk yang mati. Untuk fungsi lain tetap berjalan normal (kamera, modem 3G, browsing, LCD, speaker). Terakhir si Razr kehujanan lagi dan kerusakannya kumat lagi, tapi fungsi sebagai modem 3G masih tetap bagus :)

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,275 other followers

